22 Juli 2012

Walikota Tegal Berikan Apresiasi Homeschooling ABCD

Program Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, Jawa Tengah, dengan slogan “Tegal 2012″ ternyata memang bukan hanya sekedar slogan semata. Terbukti semua pendidikan formal dan non formal di Kota Tegal terselenggara dengan baik.
Kepedulian Walikota Tegal, H Ikmal Jaya SE Ak, patut diacungi jempol. Tidak hanya Pendidikan formal yang terus digalakan. Namun, pendidikan non formal pun terus dipacu sebagai bentuk turut mencerdaskan bangsa.
Salah satu program pendidikan non formal yang ada di Kota Tegal dan cuma satu-satunya di Jawa Tengah adalah Homeschooling ABCD. Pendidikan non formal tersebut mampu mencetak generasi bangsa yang unggul.
Saat ditemui di ruang kerjanya, Walikota Tegal H Ikmal Jaya mengatakan kepada LICOM, bahwa dia banyak berterimakasih dengan adanya pendidikan non formal yang selama ini terselenggara. “Saya selaku Kepala Dearah dan Walikota Tegal banyak mengucapkan rasa terimakasih dan apresiasi yang tinggi terhadap Homeschooling ABCD yang telah ikut berupaya mencerdaskan bangsa, khususnya. Karena, telah berkontribusi dalam menciptakan tercapainya program Tegal Cerdas,” ujarnya.

Peran dan fungsi pendidikan dengan jalur pendidikan informal adalah saling melengkapi dan memperkaya jalur formal maupun non formal yang sudah ada. Sehingga, baik perorangan atau lembaga sosial maupun masyarakat berhak untuk menyelenggarakan pendidikan informal. “Saya berharap agar Homeschooling ABCD untuk terus membuka akses layanan pendidikan yang belum terlayani pada jalur pendidikan formal maupun non formal. Dan mampu meningkatkan mutu layanan pendidikan, khususnya melalui sekolah rumah. Serta terus berinovasi dan menciptakan Kota Tegal melalui dunia pendidikan,” paparnya.
Menurut UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 1 butir (1) menyatakan bahwa, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran secara aktif. Kemudian peserta dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Berdasarkan definisi pendidikan tersebut, homeschooling menjadi bagian dari usaha pencapaian fungsi dan tujuan pendidikan nasional, yakni mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Mengingat, begitu penting peran dan fungsi homeschooling maka Pemerintah Kota Tegal akan terus berupaya dan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat maupun lembaga sosial yang bergerak di jalur pendidikan informal ini.
“Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan jajarannya akan terus dan tetap memberikan pembinaan kepada homeschooling yang ada sebagai mitra pemerintah daerah dalam memberikan layanan pendidikan, khususnya di jalur pendidikan informal,” tegas Ikmal Jaya.

Sementara, Dra Aufrida Kriswati Kabid PPTK Dinas Pendidikan Provpinsi Jawa Tengah saat dihubungi via telepon selular oleh LICOM mengatakan, jika pihaknya siap mendukung pendidikan informal yang dilakukan homeschooling. “Kami siap mendukung homeschooling sepenuhnya. Karena, pendidikan ini sangat penting. tidak mudah untuk mendidik anak yang berkebutuhan khusus. Namun, homeschooling mampu untuk melakukan hal itu,” ungkapnya.
“Sebagai bentuk nyata kami telah mengikutsertakan tutor-tutor homeschooling ABCD Tegal dalam “TOT” (Training Of Trainer) atau pelatihan untuk instrukstur untuk para pengajar homeschooling untuk mancapai keprofesionalisme dalam mengajar,” tambahnya. / @boy

http://www.lensaindonesia.com/2012/07/22/walikota-tegal-berikan-apresiasi-homeschooling-abcd.html

Published By : Homeschooling ABC'DLebih Kreatif, Lebih Mandiri, Lebih Menyenangkan

Nama Homeschooling ABC'D didasarkan pada sebuah pemikiran bahwa untuk membimbing anak untuk menjadi manusia yang mampu berperan di tengah masyarakat, tidaklah cukup dengan pendidikan yang bersifat akademis saja. Penanaman agama, akhlak, sikap, dan nilai-nilai etika diharapkan mampu membangun manusia yang tidak hanya tangguh, namun juga arif dalam menghadapi dunia. See our profile
Comments
0 Comments

Form Comments

Video Homeschooling ABC'D

Screenshot Kegiatan Homeschooling ABC'D

  • Family Gathering HS ABC'D Semarang
  • Pentas Seni HS ABC'D
  • Team Building HS ABC'D TEGAL
  • Outdoor Homeschooling ABCD - Lanal Tegal
  • Pengembangan Bakat Minat
DALAM PERBAIKAN